Berita

Empat Tenaga Kesehatan (Nakes) Bantul ikuti Lomba Tenaga Kesehatan Teladan DIY 2017

Rabu Wage, 19 April 2017 16:01 WIB 4002

foto
Kepala Dinas Kesehatan saat menyambut tim yuri Lomba Tenaga Kesehatan Teladan D.I Yogyakarta 2017, pada Selasa 18 April 2017. Promkes/YA

Bantul, Promkes- Selasa (18/4) empat tenaga kesehatan (nakes) yang terpilih maju dalam Lomba Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat DIY 2017 mengikuti penlian di masing-masing . Mereka adalah Linggarsih, AMD. AK ahli teknologi laboratorium medis (ATLM) Puskesmas Imogiri I, dr. Siti Marlina dokter Puskesmas Kasihan I, Maria Layungsari, S.ST, Nunuk ending Pujiati, S.ST Perawat Puskesmas Srandakan, dan Perawat dari Puskesmas Sewon II.

Penghargaan ini merupakan program tahunan yang diselenggarakan pemerintah yang meliputi program dan inovasi diberikan di puskesmas.

"Pelaksanaan Pemilihan Tenaga Kesehatan Teladan secara Nasional di Tingkat Kab/Kota maupun Tingkat Provinsi sebagai wujud kepedulian Pemerintah RI terhadap tenaga kesehatan di Puskesmas untuk memberikan reward kepada Nakes yang berprestasi, memiliki dedikasi tinggi, disiplin, jujur, loyalitas serta berperilaku baik kepada masyarakat maupun kepada pemerintah, utamanya dalam memberikan pelayanan kesehatan begitu juga kepedulian terhadap pembangunan kesehatan secara menyeluruh dan berkesinambungan." jelas Dra Hardiah Djuliani, Apt. M.Kes Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan D.I Yogyakarta. Ia juga menambahkan bahwa seleksi penilaian ini berlangsung ketat. Selain berinovasi, para nakes harus bisa memengaruhi lingkungan masyarakat.

Ketua tim menyatakan bahwasanya pemilihan nakes teladan ini khusus diperuntukkan bagi tenaga pelaksana di puskesmas yang memiliki potensi sesuai kompetensi yang dimilik. “penghargaan itu menjadi penyemangat nakes dalam melayani masyarakat,” ujar Ketua tim penilai.

"Apresiasi kami mewakili Pemkab Bantul atas prestasi para nakes yang telah mampu terpilih menjadi calon Tenaga Kesehatan Teladan 2017. Keberhasilan para nakes yang mampu menjadi teladan ini adalah wujud keberhaslan mereka dalam rangka menuju Bantul Sehat,"kata Drs. Didik Warsito, M.Si Asisten Sekertaris III bidang Kemasyarakatan Kabupaten Bantul memberikan sambutannya saat Penilaian Calon Tenaga Kesehatan Teladan Tk DIY 2017 di Hall Husada Dinkes Bantul.

Tim juri dari DIY menilai nakes di masing-masing daerah binaan program inovasi sesuai dengan wilayah kerjanya. Tenaga kesehatan yang terpilih tahun ini dari Puskesmas Sewon II, Puskesmas Imogiri I, Puskesmas SerandakanI dan Puskesmas Kasihan I. Masing-masing nakes telah mengangkat program unggulannya. Salah satunya adalah Linggarsih, Amd. AK Ahli laboratorium medic (ATLM) dari Puskesmas Imogiri I, ia membuat program inovasi baru berupa Posbindu PTM Remaja. “sebagai ATLM, tidak banyak yang terjun langsung terlibat dalam pemberdayaan masyarakat. Kami sering berada di ruang lab. Sedangkan dalam Posbindu PTM ahli medic merupakan petugas yang berwenang melakukan pemeriksaan darah maka dari itu saya tergugah membuat program yang bekerjasama dengan masyarakat dalam mencegah factor risiko PTM,” jelasnya.

Setelah lolos sebagai tenaga kesehatan teladan tk propinsi maka selanjutnya akan maju di tingkat nasional. (YA)

Baca: TK Al-Azhar 38 dan SMA Negeri 1 Banguntapan mewakili DIY dalam Lomba Sekolah Sehat tingkat Nasional



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat