Berita

Memberikan Kemudahan Pelayanan Perizinan, Dinkes Membuat Program Innovasi WA-TANTRI

Kamis Kliwon, 12 Oktober 2017 09:15 WIB 3638

foto
Poster: “WA-TANTRI” merupakan kepanjangan dari WA tanpa Antri, yang artinya layanan cepat melalui/dengan menggunakan aplikasi WhatsApp (WA) untuk perizinan tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan guna mengurangi tunggu pelayanan. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes-Seksi Perijinan dan Peningkatan Mutu Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul terus berupaya memberikan pelayanan yang efektif dan efisien. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah berkaiatan pelayanan perizinan di Dinkes  yang dipermudah dengan layanan “WA-TANTRI”. “WA-TANTRI” merupakan kepanjangan dari WA tanpa Antri, yang artinya layanan cepat melalui/dengan menggunakan aplikasi WhatsApp (WA) untuk perizinan tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan guna mengurangi tunggu pelayanan. 

“Di era perkembangan teknologi yang sangat pesat seperti saat ini, hampir seluruh masyarakat memiliki telepon seluler yang di lengkapi aplikasi Whatsapp,” kata Dra Khusnaini Arifah, M.Si Kepala Seksi Perijinan dan Peningkatan Mutu saat ditemui diruangannya. 

Ia juga mengungkapkan program inovasi ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan akses layanan publicdibidang perizinan kegiatan atau usaha sector kesehatan, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan perizinan tenaga medis, tenaga kesehatan, fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas penunjang kesehatan.

Jadi WA-TANTRI ini diharapkan dapat lebih memberikan kepastian kepada masyarakat tentang proses pelayanan dan ketepatan waktu penerbitan perizinan. 

“WA-TANTRI dapat menjadi sarana komunikasi dua arah yang efektif berkaitan proses perizinan yang diajukan kepada Dinkes,” tambahnya. 

Masyarakat yang hendak mengakses progress permohonan perizinan tidak perlu bolak-balik ke Dinkes untuk menannyakan sejauh mana proses perizinan. Kapan waktu pengambilan izin atau rekomendasi, yang diajukan cukup ditanyakan melalui WA saja di nomor 082322197110. 

Dra Arifah menjelaskan, layanan ini mulai di ujicobakan pada Oktober 2017 ini, sebelum nantinya di launching sebagai Program Inovasi di tahun 2018. 

“Bulan Oktober hingga Desember nanti adalah masa ujicoba program ini, dan akan di evaluasi sebelum kami launching secara resmi,” jelasnya. 
Dinkes/YA

Baca: Dinkes Tegaskan Seluruh Dokter di Bantul Wajib Miliki STR dan SIP

 



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat