Berita

Peningkatan STOP TB, Seksi P2PM Gelar Pelatihan laboratorium TB Stretgi DOTS bagi Petugas Lab di Puskesmas

Senin Pahing, 18 Desember 2017 08:17 WIB 2656

foto
Peserta mendengar pemaparan dari perwakilan Balai Laboratorium Kesehatan DIY berkaitan Peran Petugas Analis dalam melakukan TB DOTS di Aula BLK, 11 desember 2017. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes-Pemeriksaan dahak secara mikroskopis langsung yang bermutu merupakann komponen penting. Dalam penerapan strategi tersebut baik untuk menegakkan diagnosis maupun follow up pasien. Selain itu hasil pemeriksaan dahak yang bermutu merupakan hal yang penting untuk menetapkan kasifikasi pasien sehingga mutu hasil pemeriksaan laboratorium merupakan inti keberhasilan Program Pengendalian TB.

Sehingga Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular ( P2PM) menyelenggarakan “Pelatihan Analis Tahap TB DOTS (Directly Observed Tretment Shortcourse) tahap 1”. Kegiatan tahap satu ini diikuti oleh 14 Analis dari 14 Puskesmas di Kabupaten Bantul. Dalam Kegiatan ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul dibantu oleh Balai Laboratorium Kesehatan DIY berkaitan dengan tempat pelaksanaan pelatihan dan fasilitator.

“Tujuan ini adalah meningkatkan kompetensi analis dan peningkatan status puskesmas dari puskesmas satelit menjadi puskesmas mandiri untuk pemeriksaan laboratorium TB,” ujar dr. Sri Wahyu Joko Kepala Seksi P2PM. Ia menambahkan diharapkan dengan adanya pelatihan ini selain meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten bantul juga meningkatkan kemampuan petugas laborat dalam melaksanakan tugas pemeriksaan mikroskopis TB di Puskesmas.

Pelatihan yang berlsangsung selama lima hari ini (11-15 Desember 2017) meliputi; pertama penguatan fungsi Tim DOTS pada Puskesmas sebagai penanggung jawab dan pelaksana dalam penerapan strategi DOTS. Kedua, pemahaman dan ketrampilan yang diperlukan untuk pemeriksaan mijrokopis TB dari pembuatan sediaan dahak, pemeriksaan mikropis, keamanan dan keselamatan kerja, pementapan mutu serta pencatatan dan pelaporan. Dinkes/YA



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat