Berita

Dinkes melakukan Monev Covid-19 ke 27 Puskesmas

Kamis Pon, 2 April 2020 13:54 WIB 1572

foto
Dokter sedang memeriksa salah satu pasien dengan gejala batuk dengan riwayat perjalanan di Poli Infeksius di Puskesmas Sewon I/ Yekti A

Jumlah warga Bantul yang masuk pemantauan terkait virus corona (Covid-19) terus mengalami kenaikan. Tercatat, jumlah kasus corona virus untuk warga berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Bantul per 1 April 2020 berdasarkan pada https://corona.bantulkab.go.id/ mencapai 414 orang. Jumlah ini bertambah dari terakhir kali dilaporkan pada 1 Maret sebanyak 83 orang.

Dalam rangka kesiap siagaan COVID -19 ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) di 27 Puskesmas.

Kepala Seksi Yankesdastrad mengungkapkan bahwa pelaksanaan Monev kali ini bertujuan untuk mengecek kesiapan Puskesmas dalam hal penanganan pasien covid-19 termasuk kesiapan peralatan, Bahan Medis Habis Pakai (BMHP) dan Sumber Daya Manusia (SDM) di Puskemas.

Dinas Kesehatan di bagi menjadi beberapa kelompok dimana setiap Kelompok terdiri dari 2 pejabat Struktural Dinkes dan seorang staff.

“Seluruh elemen di Puskesmas bergerak Bersama dalam memutus rantai penularan virus corona ini” ungkap Dyah.

Dengan adanya masalah Covid ini ada perubahan alur pelayanan di Puskesmas .

"Jadi setiap orang yang datang harus mencuci tangan terlebih dahulu termasuk karyawan dan kemudian dicek suhu badan, setelah melewati proses itu untuk pasien baru di persilahkan untuk mendaftar,” jelas Septi salah satu petugas Puskesmas saat tugas di pendaftaran.

Kalau ada pasien yang mengalami gejala batuk, demam dan sesak nafas dan ada riwayat perjalanan dari daerah terjangkit maka pelayanan dilaksanakan di tempat khusus atau disebut dengan poli batuk agar dapat mencegah virus yang menyebar. Jika hasil pemeriksanaanya menunjuk ke gejala ringan maka pasien akan dianjurkan untuk isolasi mandiri selama 14 hari dengan terus berkomunikasi dengan petugas kesehatan. Jika pasien dengan gejala serius maka pasien akan di rujuk Rumah Sakit.

Penulis: Yekti A
Foto: Yekti A
 


Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat