Berita

Mencegah Covid-19, Kolaborasi LP2M dan Prodi Farmasi Universitas Alma Ata bersama Pemerintah Desa Tamantirto

Jumat Wage, 3 April 2020 15:27 WIB 460

foto

LP2M Universitas Alma Ata (UAA) dan prodi Farmasi bekerjasama dengan Pemerintah Desa Tamantirto melakukan pegabdian kepada masyarakat dalam upaya  pencegahan penyebaran Covid-19 dalam masa pandemi yang sedang dialami.  Kegiatan ini dilatarbelakangi kebutuhan pemerintah  desa Taman Tirto yang akan mengupayakan penyediaan hand sanitizer bagi warganya, sementara ketersediaan di pasaran sangat sulit diperoleh. Sebagai bentuk tanggung jawab terhadap upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang semakin meluas, dengan segera  Universitas Alma Ata  merespon kebutuhan masyarakat tersebut dengan mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan pelaksana LPPM dan prodi farmasi dalam bentuk kegiatan pendampingan pembuatan hand sanitizer bagi masyarakat

Kamis, 2 April 2020, program nyata yang dilakukan LP2M Universitas Alma Ata dan  prodi Farmasi bersama dengan Pemerintah Desa Tamantirto melaksanakan pembuatan Hand Sanitizer di laboratorium teknologoi farmasi kampus terpadu Universitas Alma Ata. Kegiatan pembuatan Hand Sanitizer ini merupakan tindak lanjut atau tahap kedua dari kegiatan yang telah dilaksanakan pada hari Jumat, 27 Maret 2020, dimana sebelumnya dilakukan pembuatan Hand Sanitizer di kantor Pemerintah Desa Tamantirto.

Kepala Lp2M Universitas Alma Ata, Daru Estiningsih, M.Sc., Apt,  mengungkapkan kegiatan pegabdian kepada masyarakat ini sebagai bentuk nyata pegabdian Universitas Alma Ata terutama dosen Farmasi di UAA, untuk bisa memutus rantai penyebaran Covid-19 sehingga, masyarakat di lingkungan sekitar UAA bisa merasa nyaman dan aman karena telah memenuhi anjuran pemerintah dengan memanfaatkan Hand Sanitizer yang telah di buat oleh dosen prodi Farmasi UAA.

Dosen prodi Farmasi UAA, Annisa Fatmawati, M.Farm., Apt menambahkan komposisi bahan yang digunakan dalam pembuatan hand sanitizer adalah alkohol 96% sebagai zat aktif antiseptik, gliserin sebagai pelembab agar tangan tetap lembab sehingga memberikan efek kelembutan pada tangan, H2O2 3% dan Aquadest sebagai pengencer. Sehingga pada formula hand sanitizer ini didapatkan kadar alkohol nya sekitar 65-75% yang efektif membunuh bakteri di tangan. Hal ini sesuai dengan anjuran WHO bahwa antiseptik efektif jika mengandung alkohol antara 60-80%.


Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat