Evaluasi Dokumen Perencanaan Daerah terkait RAD TB 2020-2024 Kab. Bantul

Pada hari Kamis, 21 September 2023 diselenggarakan Evaluasi Dokumen Perencanaan Daerah terkait Rencana Aksi Daerah (RAD) TB 2020-2024 Kabupaten Bantul. Acara ini diselenggarakan di Grand Rohan Jogja dengan dihadiri oleh OPD terkait, Panewu, Organisasi Profesi, Ormas, Komunitas Kesehatan, dan Asosiasi/perkumpulan/forum yang memiliki peran penting dan setara secara proporsional sesuai ketugasannya dalam penanggulangan penyakit Tuberkulosis (TBC).  Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka percepatan eliminasi TBC di kabupaten Bantul. 

 

Penyakit TBC merupakan penyakit menular yang harus diselesaikan bersama. Memperhatikan angka kesakitan yang masih tinggi, dampaknya terhadap kesehatan perorangan dan produktifitas masyarakat, serta pengaruh faktor lingkungan dan perilaku masyarakat dalam resiko penularan, upaya penanggulangan Tuberkulosis harus dilakukan oleh berbagai pihak. “Tanpa Kolaborasi, Program Pengendalian Tuberkulosis Di Kabupaten Bantul Tidak Akan Berhasil”. Rencana Aksi Daerah yang sudah disusun juga harus diwujudkan menjadi aksi nyata, bersama percepat penanggulangan TBC menuju Eliminasi TBC 2030 di Kabupaten Bantul.

 

Dalam acara ini sambutan dibuka oleh Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, dr. Feranose Panjuantiningrum, dilanjutkan dengan materi evaluasi disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul dr. Agus Tri Widiyantara, MMR. Selain itu untuk pembicara utama dalam acara ini adalah Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul, Agus Budiraharja, SKM, M.Kes dengan dipandu narasumber ahli dari Zero TB Yogyakarta, dr. Betty.

 

Sekda Kabupaten Bantul memaparkan bahwa kasus TBC di Kabupaten Bantul pada tahun 2023 ini masih 35% dari estimasi insiden yang ditargetkan. “Pada kesempatan kali ini, saya selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul menghimbau peran aktif dari semua pihak untuk menjadi bagian dari Tim Percepatan Penanggulangan TBC di Kabupaten Bantul untuk bersama-sama bahu membahu dalam upaya penanggulangan TBC melalui optimalisasi upaya promotif preventif serta gerakan TOSS TBC,yaitu menemukan, mengobati sampai sembuh.”paparnya.

Salam TOSS TBC !!

 

#rencanaaksi
#RADtuberkulosis
#dinkesbantul2023