Monitoring dan Evaluasi Pemeriksaan Mikroskopis TB Bagi ATML Kab. Bantul

Pada hari Rabu (15/3/23) diselenggarakan Monitoring dan Evaluasi Pemeriksaan Mikroskopis TB Bagi ATML Kab. Bantul. Acara ini diselenggarakan di Burza Hotel Yogyakarta. Penanggulangan penyakit TB di Indonesia dilaksanakan dengan menerapkan strategi DOTS. Salah satu komponen strategi ini adalah pemeriksaan mikroskopis dahak yang bermutu oleh laboratorium kesehatan untuk menegakkan diagnosis.Untuk menjamin kualitas laboratorium maka wajib dipantau melalui sistem Pemantapan Mutu Laboratorium baik internal maupun eksternal terhadap semua jenis laboratorium TBC.



Pemantapan mutu eksternal merupakan komponen yang sangat penting untuk memastikan diagnosis pasien TB telah dilakukan sesuai dengan standar.Pelaksanaan PME wajib diikuti oleh semua laboratorium TB, dilakukan secara berkala dan berkesinambungan. Hasil uji silang oleh laboratorium rujukan harus diumpanbalikkan kepada laboratorium mikroskopis TB dan dilaporkan ke Dinas Kesehatan.

Dalam acara ini selain disampaikan terkait pemantapan mutu eksternal bagi petugas dalam melaksanakan pemeriksaan BTA oleh Erna, Amd.AK dari RS Respira, pada kesempatan ini juga dilakukan Update Terkait Pre analitik, analitik dan interpretasi hasil pemeriksaan Tes Cepat Molekulery yang disampaikan oleh Sunarto, SST dari Pengelola Laboratorium TCM RS Respira.

#dinkesbantul2023