Inspeksi Bersama Terhadap Makanan Olahan Siap Saji

Pada hari Rabu (11/01/2023), Seksi Farmasi, Makanan, Minuman dan Alat-alat Kesehatan Dinas kesehatan Kab. Bantul bersama BPOM Yogyakarta melakukan Inspeksi/Pengawasan bersama terhadap Makanan olahan siap saji (Chikibul/Smoke Snack/Dragon Breath) yang disajikan menggunakan nitrogen cair (LN2) di 3 lokasi pasar malam di wilayah Bantul. Hal ini dilakukan dalam rangka upaya pencegahan terjadinya kasus kesakitan/keracunan yang diduga akibat mengkonsumsi makanan tersebut. 

 

Dalam kegiatan ini diberikan edukasi dan  pembinaan kepada  pelaku usaha Chikibul terkait keamanan dari makanan yang mereka sajikan. Salah satu edukasi yg diberikan terkait  penggunaan Nitrogen Cair pada makanan hanya diperbolehkan dalam maksud dan tujuan tertentu. misalkan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan es krim yang gunanya sebagai pendingin, bukan untuk dicampur ke dalam makanan. Ada yang digunakan untuk makanan, tapi tergantung dari kualitas makanan seperti untuk industri. Bukan digunakan sebagai bahan tambahan pangan yang langsung dikonsumsi oleh konsumen.

 


 

Dinas kesehatan dan BPOM yogyakarta menghimbau kepada pelaku usaha Chikibul yang ditemui untuk melakukan penarikan stand penjualan mereka hingga BPOM selesai melakukan kajian/penelitian terhadap keamanan product olahan mengandung Nitrogen Cair tersebut .
 

Dari serangkaian kegiatan tersebut, Dinas kesehatan dan BPOM Yogyakarta berharap masyarakat lebih bijak dalam memilih makanan mana yang aman dan tidak aman untuk dikonsumsi.

#dinkesbantul2023