Program Inovasi Kekep Ibu Puskesmas Kasihan I

KEKEP IBU (KELAS KELOMPOK PENDUKUNG IBU) merupakan penggabungan program Kelas Ibu Hamil/Ibu Balita dan program kelompok pendamping ibu menyusui. Pada pelaksanaannya dipandu oleh motivator dan kedudukan petugas kesehatan sebagai pembina atau pendamping. Program KEKEP IBU menjadi milik masyarakat sehingga dalam pelaksanaannya DARI masyarakat, OLEH masyarakat dan UNTUK masyarakat. Kelompok sasaran akan lebih terbuka menceritakan masalahnya dan berbagi pengalaman karena merasa nyaman berada ditengah – tengah kelompok yang merupakan bagian dari mereka. Metode pendekatan ini sangat efektif untuk menggali masalah yang ada dalam kelompok atau masyarakat serta mempermudah mencari solusi pemecahan masalah yang dihadapi secara bersama – sama dan sesuai dengan kebutuhan.

 

Program Inovasi KEKEP IBU merupakan salah satu bentuk UKBM (Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat) yang merupakan wadah untuk kelompok sebaya berkumpul, berbagi informasi serta berbagi pengalaman yang dilaksanakan dengan cara diskusi, berbagi informasi, simulasi dan melakukan kunjungan rumah yang di lakukan oleh seorang Motivator kekep ibu (kader Posyandu atau bagian dari kelompok sebaya) yang sudah dilatih oleh Pembina KEKEP IBU Puskesmas. Evaluasi program dilakukan dengan cara monitoring dan mentoring.

Jumlah KEKEP IBU sudah dikembangkan menjadi 51 KEKEP IBU untuk 51 Posyandu yang artinya sudah semua Posyandu di wilayah kerja Puskesmas Kasihan I memiliki KEKEP IBU dengan masing-masing KEKEP IBU mempunyai 2 orang Motivator. Motivator KEKEP IBU akan melakukan kunjungan rumah pada setiap ibu yang baru saja melahirkan untuk dapat memastikan proses menyusui berjalan dengan lancar dan membantu ibu jika mengalami masalah dalam merawat bayinya. Pada acara pertemuan KEKEP IBU juga dilakukan pemberian SERTIFIKAT (SI) untuk Bayi yang telah lulus ASI Esklusif 6 bulan dan SERTIFIKAT (S2) untuk Balita yang menyusu sampai umur 2 Tahun,.

 

Pada pelaksanaan KEKEP IBU juga dilaksanakan beberapa simulasi sederhana yang mempermudah peserta untuk memahami dan mencontoh apa yang diajarkan, diantaranya adalah praktek memerah ASI, cara membuat makanan tambahan pendamping ASI, cara memandikan Bayi, cara merawat tali pusat, cara memberi minum ASI perah kepada bayi dengan menggunakan sendok atau cangkir, cara mengompres payudara jika terjadi bendungan asi dan beberapa simulasi sederhana lainya yang pastinya sangat bermanfaat bagi pesertabeb. Program KEKEP IBU sudah terbukti bisa Bertahan dan berjalan lancer sampai dengan saat ini sudah 13 Tahun eksis dan berkembang.