Uji Kompetensi Kader Posyandu

Rabu, 16 Maret 2022 dilaksanakan kegiatan pembukaan sekaligus pelaksanaan hari pertama uji kompetensi kader posyandu di Aula Pemda II Kompleks Perkantoran Manding. Kegiatan Ukom Kader Posyandu bertujuan untuk meningkatkan kualitas kompetensi kader yang pada akhirnya diharapkan berdampak pada peningkatan mutu pelayanan posyandu. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul (dr. Fauzan) dan Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul (Karjiyem, S.Si.T, M.Kes).

 

Kegiatan uji kompetensi kader posyandu ini dilaksanakan selama 12 hari di Aula Pemda II Kompleks Perkantoran Manding, mulai tanggal 16 - 31 Maret 2022. Sasaran kegiatan ini yakni 1700 orang kader dari seluruh kalurahan di Kabupaten Bantul. Dalam sehari, sebanyak 144 kader posyandu diuji dan dibagi dalam 6 sesi ujian. 
 

Dalam satu kali ujian terdapat ujian teori, ujian praktik, dan ujian konseling. Ujian praktik terdiri dari pengukuran Lila, panjang badan menggunakan infantometer, tinggi badan menggunakan microtoise. Selain itu, terdapat penimbangan berat badan menggunalan baby scale dan dacin.

 

#ukomkader #dinkesbantul2022